Minggu, 26 Februari 2012

PENGARUH TINGKAT PENJUALAN PRODUK ALAT BERAT TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. UNITED TRACTORS,Tbk. Cab JAYAPURA

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat penjualan terhadap profitablitas.
            Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah laporan laba rugi PT.United Tractors,Tbk. Cab Jayapura dan metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan berdasarkan wawancara dan kepustakaan. Adapun operasional variabelnya yaitu variabel X (tingkat penjualan) dan variabel Y (laba bersih). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi tahun 2004 sampai dengan 2009. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan yaitu Uji Tabel Statistik dan thitung.
            Untuk mengetahui pengaruh tingkat penjualan terhadap profitabilitas, maka rumus yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan koefisien korelasi (r). Data yang digunakan adalah data laporan laba rugi dan penjualan bersih
            Hasil dari regresi linear sederhana diperoleh  nilai a = 1.478.060,629 berarti apabila tingkat penjualan tetap (X = 0) maka perusahaan masih dapat mencapai profitabilitas sebesar 1.478.06,629 milyar rupiah. Sedangkan untuk koefisien b = 1,04, artinya apabila tingkat penjualan mengalami kenaikan sebesar X- kali, maka profitabilitas akan meningkat sebesar  1,04 dikali  X  (X = satuan).
            Nilai Koefisien Korelasi r = 0,834 menunjukkan adanya hubungan linear positif yang sangat baik antara X dan Y. semakin tinggi tingkat penjualan maka semakin tinggi pula tingkat profitabilitas yang diperoleh oleh perusahaan.
            Pengujian hipotesis mengahasilkan nilai thitung > ttabel atau 10,974 > 2,132 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, yang menandakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variable tingkat penjualan dan profitabilitas.
            Dari hasil analisis yang dikemukakan diatas maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat penjualan dan profitabilitas pada PT. United Tractors, Tbk Cab. Jayapura, yang mana kanaikan tingkat penjualan berbanding lurus dengan kenaikan tingkat laba. Dalam hal ini PT. United Tractors, Tbk Cab. Jayapura  sudah cukup baik dalam mengelola perusahaan terutama dalam penerapan strategi penjualan yang berorientasi pada pelayanan total kepada pelanggan. Namun perusahaan perlu memeperhatikan persaingan dan strategi harga pesaing yang sangat ketat.

Keyword :  Tingkat Penjualan,  Profitabilitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar