ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh tingkat penjualan terhadap profitablitas.
Dalam penelitian ini yang menjadi
objek adalah laporan laba rugi PT.United Tractors,Tbk. Cab Jayapura dan metode
yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data
yang digunakan berdasarkan wawancara dan kepustakaan. Adapun operasional variabelnya
yaitu variabel X (tingkat penjualan) dan variabel Y (laba bersih). Sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi tahun 2004 sampai dengan
2009. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan
yaitu Uji Tabel Statistik dan thitung.
Untuk mengetahui pengaruh tingkat
penjualan terhadap profitabilitas,
maka rumus yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan koefisien
korelasi (r). Data yang digunakan adalah data laporan laba rugi dan penjualan
bersih
Hasil dari regresi linear sederhana
diperoleh nilai a
= 1.478.060,629 berarti apabila tingkat penjualan tetap (X = 0) maka
perusahaan masih dapat mencapai profitabilitas
sebesar 1.478.06,629 milyar rupiah. Sedangkan untuk koefisien b = 1,04, artinya
apabila tingkat penjualan mengalami kenaikan sebesar X- kali, maka
profitabilitas akan meningkat sebesar
1,04 dikali X (X = satuan).
Nilai Koefisien Korelasi r = 0,834 menunjukkan adanya hubungan linear positif yang sangat baik
antara X dan Y. semakin tinggi tingkat penjualan maka semakin tinggi pula
tingkat profitabilitas yang diperoleh
oleh perusahaan.
Pengujian
hipotesis mengahasilkan nilai thitung > ttabel atau
10,974 > 2,132 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, yang menandakan terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara variable tingkat penjualan dan profitabilitas.
Dari hasil analisis yang
dikemukakan diatas maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif
antara tingkat penjualan dan
profitabilitas pada PT.
United Tractors, Tbk Cab. Jayapura, yang mana kanaikan tingkat penjualan
berbanding lurus dengan kenaikan tingkat laba. Dalam hal ini PT. United
Tractors, Tbk Cab. Jayapura sudah cukup
baik dalam mengelola perusahaan terutama dalam penerapan strategi penjualan
yang berorientasi pada pelayanan total kepada pelanggan. Namun perusahaan perlu
memeperhatikan persaingan dan strategi harga pesaing yang sangat ketat.
Keyword : Tingkat
Penjualan, Profitabilitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar